Download RPP Kelas Rangkap Model 221 K13 Kelas 4 dan 5 Terbaru dan Terlengkap
Download RPP Kelas Rangkap Model 221 K13 Kelas 4 dan 5
Apakah Anda seorang guru yang mengajar di sekolah yang memiliki kelas rangkap? Apakah Anda kesulitan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk kelas rangkap? Jika ya, maka artikel ini adalah untuk Anda. Artikel ini akan membahas tentang apa itu RPP kelas rangkap model 221, bagaimana menyusunnya, dan contoh RPP kelas rangkap model 221 k13 kelas 4 dan 5 yang bisa Anda download secara gratis.
Apa itu RPP Kelas Rangkap Model 221?
Pengertian RPP Kelas Rangkap Model 221
RPP kelas rangkap model 221 adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan untuk mengajar dua tingkat kelas yang berbeda dalam satu ruangan dengan dua mata pelajaran yang berbeda. Misalnya, guru mengajar kelas 4 dan kelas 5 dengan mata pelajaran IPA dan IPS. Model ini disebut model 221 karena terdiri dari 2 mata pelajaran, 2 tingkat kelas, dan 1 ruangan.
download rpp kelas rangkap model 221 k13 kelas 4 dan 5
Tujuan RPP Kelas Rangkap Model 221
Tujuan dari RPP kelas rangkap model 221 adalah untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien bagi siswa yang berada di kelas rangkap. Dengan menggunakan model ini, guru dapat menghemat waktu, tenaga, dan sumber daya dalam mengajar dua tingkat kelas yang berbeda. Selain itu, model ini juga dapat meningkatkan interaksi dan kerjasama antara siswa yang berada di kelas rangkap.
Ciri-ciri RPP Kelas Rangkap Model 221
Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari RPP kelas rangkap model 221:
RPP dibuat untuk dua tingkat kelas yang berbeda dalam satu ruangan.
RPP mencakup dua mata pelajaran yang berbeda yang disesuaikan dengan kompetensi dasar masing-masing tingkat kelas.
RPP menggunakan pendekatan tematik atau integratif untuk menggabungkan materi yang sama atau berhubungan di dua tingkat kelas.
RPP menggunakan strategi pembelajaran yang variatif dan fleksibel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di dua tingkat kelas.
RPP menggunakan media dan sumber belajar yang relevan dan menarik untuk mendukung proses pembelajaran di dua tingkat kelas.
RPP menggunakan penilaian yang autentik dan berkelanjutan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa di dua tingkat kelas.
<h Bagaimana Menyusun RPP Kelas Rangkap Model 221?
Langkah-langkah Menyusun RPP Kelas Rangkap Model 221
Untuk menyusun RPP kelas rangkap model 221, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
Pemetaan Kompetensi
Langkah pertama adalah melakukan pemetaan kompetensi untuk dua tingkat kelas yang akan diajar. Anda harus mengetahui kompetensi dasar, indikator, dan materi pokok untuk masing-masing mata pelajaran dan tingkat kelas. Anda dapat menggunakan kurikulum 2013 (K13) sebagai acuan dalam melakukan pemetaan kompetensi.
Penetapan Tema
Langkah kedua adalah menetapkan tema yang akan digunakan untuk mengintegrasikan dua mata pelajaran yang berbeda. Anda harus memilih tema yang sesuai dengan kompetensi dasar dan materi pokok yang telah dipetakan sebelumnya. Anda juga harus memperhatikan relevansi, aktualitas, dan kebermanfaatan tema tersebut bagi siswa. Contoh tema yang dapat digunakan adalah "Bencana Alam", "Pahlawan Nasional", atau "Kesehatan Tubuh".
Pengembangan Silabus
Langkah ketiga adalah mengembangkan silabus untuk dua tingkat kelas yang berbeda. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu satuan pendidikan yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, alokasi waktu, dan penilaian. Anda dapat menggunakan format silabus K13 sebagai panduan dalam mengembangkan silabus.
cara membuat rpp kelas rangkap model 221 k13
contoh rpp kelas rangkap model 221 k13 revisi 2023
download rpp kelas rangkap model 221 k13 semester 1 dan 2
download rpp kelas rangkap model 221 k13 tematik
download rpp kelas rangkap model 221 k13 ipa dan bahasa indonesia
download rpp kelas rangkap model 221 k13 matematika dan ips
download rpp kelas rangkap model 221 k13 pkn dan seni budaya
download rpp kelas rangkap model 221 k13 agama islam dan pendidikan jasmani
download rpp kelas rangkap model 221 k13 bahasa inggris dan bahasa daerah
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum merdeka
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum integrasi
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum tematik integratif
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum karakter
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum literasi
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum abad 21
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum hidup sehat
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum lingkungan hidup
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum inklusi
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum multikultural
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum lokal
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum nasional
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum internasional
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum digital
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum pakem
download rpp kelas rangkap model 221 k13 berbasis kurikulum saintifik
download rpp kelas rangkap model 221 k13 dengan metode pembelajaran kooperatif
download rpp kelas rangkap model 221 k13 dengan metode pembelajaran inkuiri
download rpp kelas rangkap model 221 k13 dengan metode pembelajaran problem based learning
download rpp kelas rangkap model 221 k13 dengan metode pembelajaran project based learning
download rpp kelas rangkap model 221 k13 dengan metode pembelajaran discovery learning
download rpp kelas rangkap model 221 k13 dengan metode pembelajaran contextual teaching and learning
download rpp kelas rangkap model 221 k13 dengan metode pembelajaran role playing
download rpp kelas rangkap model 221 k13 dengan metode pembelajaran simulasi
download rpp kelarang kapmodel 221k1denganmetodepembelajaranjigsaw
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Langkah keempat adalah menyusun RPP untuk dua tingkat kelas yang berbeda. RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Anda harus menyusun RPP sesuai dengan tema, silabus, dan kompetensi dasar yang telah ditentukan sebelumnya. Anda juga harus memperhatikan ciri-ciri RPP kelas rangkap model 221 yang telah dijelaskan sebelumnya.
Tips Menyusun RPP Kelas Rangkap Model 221
Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menyusun RPP kelas rangkap model 221:
Gunakan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa.
Gunakan teknik diferensiasi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan dan kemampuan siswa yang berbeda-beda.
Gunakan media dan sumber belajar yang bervariasi dan mudah diperoleh di lingkungan sekitar.
Gunakan penilaian autentik dan berkelanjutan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa secara holistik.
Lakukan evaluasi dan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan.
Contoh RPP Kelas Rangkap Model 221 K13 Kelas 4 dan 5
Berikut adalah contoh RPP kelas rangkap model 221 k13 kelas 4 dan 5 yang dapat Anda download secara gratis. Contoh ini menggunakan tema "Bencana Alam" dan mata pelajaran IPA dan IPS. Anda dapat mengadaptasi contoh ini sesuai dengan kebutuhan dan situasi Anda.
Identitas RPP
Sekolah
SD Negeri 01 Contoh
Kelas
4 dan 5
Semester
1
Tema
Bencana Alam
Mata Pelajaran
IPA dan IPS
Alokasi Waktu
2 x 35 menit
Pertemuan Ke-
1 dan 2
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa diharapkan mampu:
Mengidentifikasi jenis-jenis bencana alam dan penyebabnya (IPA kelas 4)
Mengidentifikasi dampak bencana alam terhadap lingkungan dan masyarakat (IPS kelas 4)
Mengklasifikasikan bencana alam berdasarkan faktor penyebabnya (IPA kelas 5)
Mengklasifikasikan bencana alam berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat (IPS kelas 5)
Berkomunikasi secara lisan dan tertulis tentang bencana alam dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar (Keterampilan)
Bersikap peduli, tanggap, dan bertanggung jawab dalam menghadapi bencana alam (Sikap)
Langkah-langkah Pembelajaran
Apersepsi (5 menit)
Guru menanyakan pengalaman siswa tentang bencana alam yang pernah terjadi di daerah mereka atau di tempat lain. Guru memberikan pujian atau apresiasi atas jawaban siswa. Guru mengaitkan pengalaman siswa dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti (50 menit)
Guru membagi siswa menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas 4 dan kelompok kelas 5. Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk membaca teks bacaan tentang bencana alam yang telah disiapkan sebelumnya. Teks bacaan berisi tentang jenis-jenis, penyebab, dampak, dan cara mengatasi bencana alam.
Guru meminta siswa untuk membaca teks bacaan secara mandiri atau berkelompok. Guru memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa yang membutuhkan. Guru meminta siswa untuk mencatat informasi penting dari teks bacaan.
Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman dari teks bacaan yang telah dibaca. Guru mem